Kejaksaan Negeri Labuhanbatu
Kejati Sumut

Upacara peringatan Hari Pahlawan : Semangat Kepahlawanan Ada Didadaku

Medan, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Kejari Medan dan Kejari Belawan menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan di halaman kantor Kejatisu, Sabtu (10/11) dengan inspektur upacara Asisten Intelijen Leonard Simanjuntak dan Komandan Upacara Kasi Penkum Sumanggar Siagian.

Dalam amanatnya, Asintel Leonard Simanjuntak membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI Agus Gumiwang.

Mengawali amanatnya, leonard menyampaikan bahwa setiap bulan November ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Prosesi peringatan hari pahlawan dilakukan dengan upacara pengibaran merah putih dan mengheningkan cipta selama 60 detik dan hal ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia dan perwakilan Indonesia di luar negeri.

“Tema Hari Pahlawan tahun ini adalah Semangat Pahlawan Didadaku bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan dan mempertebal rasa cinta kepada tanah air,” katanya.

Siapa pun bisa menjadi pahlawan dan dapat berinisiatif untuk mengorbankan diri demi untuk kemaslahatan bangsa, lanjutnya. Generasi muda kita harus mewarisi nilai-nilai kepahlawanan. Pada hakekatnya, setiap perjuangan pasti ada hasilnya, namun tidak ada kata akhir untuk berjuang.

“Peringatan hari pahlawan harus melahirkan ide-ide dan gagasan. Karena, setiap jaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi di bidangnya masing-masing, terutama dalam menghadapi revolusi industri 4.0,” tandasnya.

Indonesia juga membutuhkan sosok pahlawan masa depan yang sadar bahwa negerinya memiliki beragam suku, agama, budaya dan adat istiadat, namun mampu menjadikan keberagaman sebagai modal sosial dipergunakan untuk keunggulan Indonesia dalam pergaulan dunia.

“Negeri ini sedang membutuhkan pemuda yang berintegritas, bertanggungjawab, mempunyai pandangam global dan peka terhadap masalah sosial,” tandasnya.

Upacara hari pahlawan juga dihadiri Aspidum Edyward Kaban, Aswas Firdaus, Kejari Belawan Yusnani, Koordinator dan Jaksa dan pegawai dilingkungan kerja Kejatisu, Kejari Medan dan Kejari Belawan.


Sumber : Kejati Sumut

Related posts

Upacara Peringatan Sumpah Pemuda di Kejati Sumut

Kajati Sumut Lantik Aspidum dan 4 Kajari

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI di Kejatisu