Kejaksaan Negeri Labuhanbatu
Kejati Sumut

Wakajatisu Lantik Kajari Labuhan Batu

Kepala kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu), DR. Bambang Sugeng Rukmono, MM MH yang diwakili oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Baginda Polin Lumban Gaol, SH, MH melantik Kepala Kejaksaan Negeri Labuhan Batu di Lantai Tiga Aula Sasana Cipta Kertha Kejatisu, Kamis (30/02) Jalan Abdul Haris Nasution Nomo 1 C Medan.
Kajari Labuhan Batu yang dilantik tersebut berdasarkan Surat Keputusan Jaksa Agung RI No: KEP-IV-112/C/02/2017 tanggal 17 February 2017, dimana Kajari Labuhan Batu yang dilantik bernama Setyo Pranoto, SH yang sebelumnya menjabat sebagai Kajari Agam di Lubuk Basung menggantikan Kajari yang lama Hermon Dekristo, SH, MH yang selanjutnya ditugaskan sebagai Kepala Sub Direktorat Bantuan Hukum Tata Usaha Negara pada Sekretaris Jaksa Agung Muda Pengawasan Kejaksaan Agung RI di Jakarta.
Acara yang dimulai pukul 08. 00 Wib tersebut dihadiri oleh Para Asisten serta Kabag TU dan para Koordinator di Kejatisu serta para Kajari sejajaran Kejatisu dan para Kasi dari Kejaksaan Negeri yang baru dilantik tersebut serta dihadiri Ketua dan pengurus IAD Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.
Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Baginda Polin Lumban Gaol, SH, MH, dalam sambutanya di acara pelantikan tersebut mengatakan, bahwa kegiatan promosi dan mutasi adalah bagian dari pergerakan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai, sebagai bagian dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja. Oleh karena itu kegiatan ini agar dimaknai dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu.
Ditegaskan Wakajatisu, bahwa parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan melalui pertimbangan kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, moralitas, pendidikan dan pelatihan serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggungjawab kepada negara.
“Mutasi dan promosi ini sebagai jawaban atas kebutuhan organisasi yang diarahakan untuk memperbaiki dan mereform tatanan birokasi Kejaksaan sehinga menghasilkan pelayanan publik yang prima dalam rangka menjalankan tugas penegakan hukum agar kemudian terbangun kepercayaan publik terhadap institusi Adyhaksa yang kita cintai ini” ucap Wakajatisu kepada seluruh peserta sertijab.
Selanjutnya Wakajatisu berpesan kepada Kajari Labuhan Batu yang baru, agar Kajari yang baru dilantik untuk segera melakukan adaptasi di wilayah kerja masing-masing dan segera menyusun serta menerapkan kebijakan manajerial dan operasional penegakan hukum sesuai dengan karekteristik wilayah tugasnya, dimana daerah tersebut diketahui banyak areal perkebunan dan rentan akan berbagai masalah terkait perkebunan.
“Saudara-saudara harus melakukan pengawasan melekat dan pengawasan fungsional terhadap jajaran saudara, sehingga setiap pelaksanaan tugas dan wewenang dapat berjalan sesuai dengan koridor hukum yang berlaku dan berpedoman pada kebijakan pimpinan yang telah ditetapkan, sehingga pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan citra dan wibawa Kejaksaan di mata masyarakat” pesan Wakajatisu kepada Kajari yang baru.
Wakajatisu menambahkan, agar para pimpinan yang baru segera melanjutkan prioritas penyelesaian penyelesaian penanganan perkara dalam setiap unit kerja dan diharapkan para pimpinan memberikan pengarahan kepada personil masing-masing terkait penanganan perkara.
Selanjutnya Wakajatisu mengucapkan selamat kepada Kajari yang baru dilantik serta mengucapkan selamat bekerja ditempat tugas yang baru dan mengharapkan agar bekerja nantinya harus berperan aktif tanpa menonjolkan arogansi kekuasaan ataupun dengan menggunakan besarnya kewenangan yang saudara miliki terapkan pola saling asih, asah dan asuh dengan tetap mengedepankan disiplin dan ketegasan.
“Saudara haruslah memberdayakan aparat Kejaksaan yang ini merupakan menjadi tanggung jawab pembinaan oleh saudara untuk bersama-sama membangug persepsi yang baru terhadap Kejaksaan baik di pusat maupun di daerah dengan senantiasa berpegang teguh pada sumpah jabatan yang baru saja saudara-saudara ucapkan dengan hikmat dan penuh rasa tanggung jawab kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang Maha Mengetahui” tegas Kajatisu.
Usai pelantikan para pimpinan yang dilantik langsung kembali ketempat yang ditugaskan dan demikian juga di jajaran Kejatisu kembali melaksanakan tugas seperti biasanya.

 

Related posts

Tim Intelijen Kejatisu Amankan DPO Mantan Kadis PU Deli Serdang

Kunjungan Kerja Komisi III DPR-RI Ke Provinsi Sumatera Utara – Medan

Kejatisu Tangkap Mantan Pimpinan Cabang BRI Agro Pekanbaru di Medan